Senin, 01 Agustus 2016

7 Layer Model OSI

        Osi merupakan standar komunikasi jaringan yang dibuat oleh International Standritation of Organistion (ISO) . OSI merupakan model referensi yang mempunyai 7 layer.
1. Layer 7 : Layer Aplication
        
           Layer Application menyediakan software atau aplikasi yang berkomunikasi keluar dari komputer . Aplikasi pada layer application berupa:
  1. Web Server
  2. Mail
  3. File Transfer
  4. Management 
  5. Remote Control
2. Layer 6 : Layer Presentation 
    
           Layer Presentasi bertugas untuk mendefinisikan format data seperti text ASCII , text EDCDI, Mp3 , Mp4 . dll . Pada layer presentasi terjadi beberapa hal berupa : 
  1. Penerjemahan data
  2. Enkripsi dan Deskripsi
  3. Kompresi Data
3. Layer 5 : Layer Sesion
      
          Session later bertugas untuk mengendalikan sesi komunikasi antara dua piranti serta membuat , mengelola dan memutus koneksi . Awalnya session akan membuat sebuah konelsi data , setelah itu session akan terus mengelola data hingga sampai kepenerima , setelah sampai session akan memutuskan hubungan .

4. Layer 4 : Transpot Layer 

          Transpot Layer bertugas untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan pengiriman data kepada komputer lain (penerima) . Protokolnya berupa TCP dan UDP . TCP bertugas untuk menjamin keutuan data dan menjamin data telah sampai ketujuan . Sedangkan UDP hanya bertugas untuk mengirim data . Pada transpot layer data diubah menjadi beberapa segmen yang diberi header. 

5. Layer 3 : Network Layer 

          Network Layer bertugas untuk memberikan IP Addres ke setiap segmen data yang terlebih dahulu menjadi paket - paket data . Network layer juga akan memberikan rute yang akan ditempuh setiap paket data yang akan dikirim.

6. Layer 2 : Data Link Layer 
           
            Data Link Layer berfungsi untuk mengubah paket data dikelompokkan menjadi format yang disebut frame . Selain itu , pada layer ini terjadi koreksi kesalahan , Flow Control , Pengalamatan perangkat keras (Seperti MAC Addressing ) dan menentukan bagaiman perangkat jaringan beroperasi.

7. Layer 1 : Physical Layer
    
            Layer ini bertugas untuk mendefinisikan media tranmisi jaringan , metode pensinyalan , sinkronisasi bit , arsitektur jaringan , topologi jaringan dan pengkabelan . Layer ini mendefinisikan bagaimana NIC dan berinteraksi dengan media kabel . Pada layer ini frame data diubah menjadi bits - bits data

Ok ... Sekian penjelasan dari saya . Untuk postingan selanjutnya saya akan membahas tentang topologi jaringan . Semoga bermanfaat , Wassalamualiakum Wr.Wb
Jangan Lupa tinggalkan jejak anda di forum komentar ..
Salam anak TKJ


        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar