Minggu, 14 Agustus 2016

Jenis - Jenis Perangkat Jaringan Komputer


A       A . Hub .

Merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja di Osi Layer 1 , Physical Layer . Sehingga Hub hanya bekerja tidak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja , serta hanya menguatkan sinyal dikabel UTP , Hub tak mengenal Mac Addressing atau Physical Addressing sehingga tidak bisa memilah data yang harus ditranmisikan sehingga collision tak bisa dihindari dari pengguanan Hub tersebut .

B.     B .  Switch .

Merupakan perangkat jaringan komputer yang bekerja di Osi Layer 2 , Data Link Layer . Switch bekerja menyambung atau concentator dalam jaringan komputer . Switch mengenal MAC Addressing sehingga dia bisa memilah paket data mana yang akan diteruskan kemana .

C.       C . Bridge .

Merupakan perangkat jaringan komputer yang digunakkan untuk memperluas jaringan ataupun membuat sebuah segmen jaringan . Bridge jaringan beroperasi dalam lapisan – lapisan data link pada model Osi . Bridge juga dapat digunakkan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda , seperti antara kabel UTP dengan serat optic dan dua buah arsitektur yang berbeda .

D.      D . Repeater .

Merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal wifi yang belum tercover oleh sinyal yang berasal dari server agar bisa menangkap sinyal wifi . Penangkap Repeater harus ada dua alat yaitu untuk menerima sinyal dari server dan untuk menyebarkan lagi sinyal atau juga sebagai alat penguat sinyal .

E.    E . Access Point .

Merupakan perangkat yang digunakan sebagai pembuat koneksi wireles pada jaringan komputer.

F.        F .  Router .

Merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada Osi Layer 3 . Network Layer atau perangkat komputer yang tugasnya menyampaikan paket data melewati jaringan internet hingga sampai ketujuannya . Pada Layar ini dikenal pengalamatan jaringan mengguanakan IP Address.    
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar